Selasa, 11 Desember 2012

Rumah Anak Yatim Makanul 'Ubudiyah

Rumah Anak Yatim Makanul 'Ubudiyah Aceh  (RAMUA) adalah lembaga sosial yang bergerak dalam pembinaan anak-anak yatim dan fakir miskin yang ada di Aceh. RAMUA sendiri menggunakan Pendidikan Dayah sebagai metode pendidikan yang diajarkan kepada anak-anak yatim yang menjadi santriwan dan santriwati. 

Berdiri dengan swadaya bersama dan bantuan sejumlah donor individu dan lembaga dari dalam negeri dan luar negeri RAMUA terus mencetak kader-kader dakwah yang siap membatikan ilmunya di tengah-tengah masyarakat, RAMUA menerima anak-anak yatim yang benar-benar membutuhkan perhatian dengan kapasitas gedung untuk 40 Santriwan dan 60 satriwati.

Santriwan dan Santriwati ini tidak bersekolah di RAMUA melainkan di sekolah umum yang ada di sekitar lokasi RAMUA, dari SD/MIN sampai dengan SMA/MAN. di RAMUA mereka di beri fasilitas tempat tinggal, keperluang hidup dan makan. Pendidikan dayah di mulai setelah shalat ashar dimana para santriwan dan satriwati diajarkan mengaji baik dasar maupun tingkat Kitab. 


Gambar santriwan dan santriwati berpose dengan baju baru

Anak-anak yatim ini rata-rata anak yatim yang kurang mampu dan juga berasal dari keluarga miskin, mereka diantarkan oleh wali-wali mereka untuk mendapatkan pendidikan layak yang selama ini masih kurang di terima oleh anak-anak yatim tersebut. di bida oleh para Tengku/ustad yang profesional dan berpengalaman RAMUA memberikan kurikulum yang membina mental-mental anak-anak yatim ini menjadi tulang punggung keluarga kelak.

0 komentar:

Posting Komentar

hadis

"Barangsiapa mengambil anak yatim dari kalangan Muslimin, dan memberinya makan dan minum, Allah akan memasukkannya ke surga, kecuali bila is berbuat dosa besar yang tidak terampuni.( HR. Turmudzi)