Senin, 03 Februari 2014

Kehidupan di Kampung Anak-anak Yatim RAYMUA



Rumah Anak Yatim Makanul Ubudiyah  Aceh (RAYMUA) merupakan tempat kumpulan anak-anak yatim yang berasal dari keluarga miskin dan hidup di kampung-kampung sekitar Banda Aceh dan Aceh besar. Saat ini anak tersebut tidak tinggal bersama dengan keluarga mereka tapi tinggal di RAYMUA, dengan fasilitas seadanya anak-anak yatim giat belajar umum dan agama setelah mereka pulang sekolah. 




RAYMUA menggunakan kurikulum pesantren tradisional dimana, setelah jam sekolah berakhir. Anak-anak diberikan materi agama sebagai bekal mereka untuk kehidupan di masyarakat kelak.

Kenapa RAYMUA harus kita bantu? Mungkin ini pertanyaan yang sering kali dilontarkan banyak orang, padahal seperti banyak berita Anak yatim mendapat bantuan dari Pemerintah Aceh sebagai pemimpin di Aceh. 

Mungkin banyak hal yang harus dilihat, anak-anak yatim yang tinggal di RAYMUA mendapat fasilitas tempat tinggal, makan dan sekolah dengan gratis, tapi keluarga mereka juga masih hidup dalam garis kemiskinan sehingga kita harus juga memberi support kepada anak-anak yatim tersebut.

Dominan anak-anak yatim yang tinggal di RAYMUA berasal dari keluarga kurang mampu dan berprofesi sebagai petani dan nelayan. Untuk mengenal anak-anak yatim tersebut kita harus mengenal kehidupan keluarga mereka. Sehingga kita bisa menjadi hamba-hamba Allah yang bersyukur dan peduli sesama.    


 
Rumah anak yatim RAMUA di kawasan Lamteuba Aceh Besar








 
Salah Satu Rumah Anak Yatim RAMUA di Gampong Lamteuba - Aceh Besar

Dua kakak beradik yang belajar di RAMUA berfoto depan rumahnya

Anak yatim RAMUA berfoto dengan keluarganya di depan rumah mereka




Yanti Salah Seorang Yatim Piatu foto depan rumahnya

Meutia foto bersama keluarganya




Maha Besar Allah SWT yang memberikan limpahan rahmat-Nya untuk kita semua, betapa indahnya rejeki yang diberikan sehingga anak-anak yatim dan yatim-piatu serta miskin bisa bersekolah dengan mendapatkan tempat tinggal, fasilitas belajar dan pendidikan agama sehingga mereka bisa menjadi generasi-generasi yang mempunyai bekal yang kuat.

Dengan sedikit keringanan tangan kita, kita bisa membantu mendapatkan pendidikan yang layak, tempat tinggal yang nyaman serta kesehatan yang didukung dengan gizi yang cukup. RAMUA telah bekerja dari 2006 silam dalam membantu anak yatim. semoga dengan bantuan kita semua mereka mampu menjadi pemimpin bangsa yang membawa perubahan, Amin.











1 komentar:

  1. Asalamualaikum.
    i would like to know more about this orphanage. can u give me the details please?

    BalasHapus

hadis

"Barangsiapa mengambil anak yatim dari kalangan Muslimin, dan memberinya makan dan minum, Allah akan memasukkannya ke surga, kecuali bila is berbuat dosa besar yang tidak terampuni.( HR. Turmudzi)