Senin, 16 November 2015

NGO KINDNESS MALAYSIA KEMBALI KUNJUNGI RAYMUA



NGO Kindness Malaysia kembali  mengunjungi Rumah Anak Yatim Makanul ‘Ubudiyah Aceh (RAYMUA) untuk kali ketiga pada hari kamis (12/11/5) untuk bersilaturahmi dan membagikan sedikit bantuan dari relawan kindnes di malaysia. 


Tiba pada tengah hari melalui bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh, rombongan NGO Kindness Malaysia tiba di Aceh yang di ketuai oleh saudara Muhammad (Cek Mad) bersama ke empat anggota lainnya yaitu Azrul, Wan, Diwan, dan Azlan.




Seharusnya dalam rencana NGO Kindnes Malaysia akan datang berkunjung dengan 6 orang anggota namun dikarenakan salah seorang anggota Kindness Azzam atau lebih dikenal oleh anak-anak RAYMUA dengan nama Bang Zam telah wafat seminggu sebelumnya dikarenakan sakit leukemia, maka rombongan tetap mengujungi aceh dengan 5 orang anggota. Semoga Arwah Bang Zam bisa diterima di sisi Allah Subhanallahu ta’ala dan diampuni dosa-dosanya.


Kemudian rombongan Kindnes Malaysia di bawa langsung ke Rumah Anak Yatim Makanul ‘Ubidiyah untuk santap siang sekaligus untuk tinggal di guest room RAYMUA. Pada makan acara sambutan makan siang turut hadirnya juga Bapak Abdullah bin Yunus dan Bapak Azhari Mohamed yang juga tiba di Aceh pada hari yang sama. Temu ramah ini menjadi momen yang indah bagi Bapak Abdullah Bin Yunus karena ini merupakan kunjungannya kemabil setelah kunjungan sebelummnya 6 tahun silam.



Foto bersama Pengurus RAYMUA dan Kindness Malaysia



Pada sore hari rombongan kindnes Malaysia bersama beberapa management RAYMUA mengunjungi pusat-pusat kota Banda Aceh dan beberapa tempat kawasan yang dilanda tsunami 2004. Setelah kunjungan tersebut rombongan kembail ke RAYMUA untuk mengikuti pengajian, tahlil dan doa bersama untuk mendiang Azzam dan Ibunda dari Bapak Azhari Mohamed yang berlangsung dari habis shalat maghrib sampai selesai shalat isya. 


Setelah selesai dengan acara pengajian, kemudian anak-anak  RAYMUA di kumpulkan pada aula pertemuan untuk acara silathurahmi dan game “ice breaking” untuk mencairkan suasana dan perkenalan anak-anak dengan abang-abang dari Kindness Malaysia. Pemainan yang dimulai dengan pembagian kelompok kecil yang nanti di koordinir oleh masing-masing anggota kindness. Kegiatan ini berlangsung sampai pukul 22.00 WIB.
 

HARI KEDUA

Pada hari kedua Jum’at (13/11/15) abang-abang Kindness Malaysia mengunjungi beberapa tempat sisa tsunami dan kemudian mengujungi mesjid Raya Baithurrahman Banda Aceh untuk melaksanakan shalat jum’at dan sekalian dengan melaksanakan Project V Kindness yaitu memberikan air mineral untuk dijual oleh peminta-minta yang berada disekitar Mesjid Raya Baithurrahman, setelah melihat situasi dan kondisi rombongan Kindness memilih seorang peminta-minta untuk membantu menjualkan air mineral tersebut, tidak alma berselang air habis di beli oleh jamaah shalat jum’at yang selesai shalat. Kemudian peminta-minta tersebut berterima kasih atas bantuan untuk modal usaha tersebut.


Setelah itu kegiatan rombongan Kindness Malaysia di lanjutkan dengan training pengembangan bisnis untuk UKM binaan Muslim AID Aceh. Yang berlangsung di Kantor Muslim Aid Aceh. Dimana diikuti oleh 20 peserta pelaku usaha kecil binaan muslim aid aceh. 



Rombongan Kindness Malaysia memberikan training business
Management di kantor Muslim Aid Aceh

Setelah selesai seminar pengembangan bisnis UKM, acara dilanjutkan dengan game bersama anak-anak yang tinggal di RAYMUA, yang dimulai setelah shalat isya sampai dengan selesai. dimana pada malam kedua ini anak-anak dibekali pengetahuan bagaimana berbuat baik dengan sesama baik dengan orang terdekat maupun dengan orang lain yang membutuhkan. 

Anak-anak RAYMUA menyimak dengan hikmat apa yang
disampaikan abang-abang kindness Malaysia


HARI KETIGA

Rombongan Kindness di bawa ke tempat-tempat wisata pinggiran kota Banda Aceh untuk melihat perkembangan tempat wisata tersebut paska rehabilitasi dan rekonstruksi setelah tsunami 2004. Serta dilanjutkan dengan pembelian berbagai hadiah untuk acara final dan perpisahan.




Rombongan Kindness Malaysia mengunjungi
 Pantai Lhoknga Aceh Besar


Sesampai di Rumah Anak yatim, rombongan Kindness memulai acara setelah shalat isya, yang dimana anak-anak mempraktekan berbagai macam kebaikan setelah mendapat materi cara menjalankan berbagai kebaikan. Kegiatan dimulai dengan tiap kelompok membagikan berbagai makanan seperti kue dan buah-buahan kepada siapa saja yang berada didalam rumah Anak yatim. Dan setelah itu dilanjutkan dengan game.



Bang Azlan bersama group anak-anak


Acara final perpisahan diisi dengan sambutan dari abang-abang kindness, yang diwakili oleh abang Mad dan juga ungkapan terima kasih dari pimpinan RAYMUA yang disampikan oleh Tgk. Putra. 


Acara malam perpisahan Abang-abang Kindness Malaysia dengan anak-anak RAYMUA


Perwakilan anak-anak satu persatu menyampaikan kesan dan pesan sesudah mengikuti 3 hari kegiatan bersama abang-abang kindness.serta juga diiringi dengan pemberian bantuan operasional dari Kindness Malaysia kepada Ibu Nurul selaku perwakilan managemen RAYMUA.

0 komentar:

Posting Komentar

hadis

"Barangsiapa mengambil anak yatim dari kalangan Muslimin, dan memberinya makan dan minum, Allah akan memasukkannya ke surga, kecuali bila is berbuat dosa besar yang tidak terampuni.( HR. Turmudzi)